BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Post a Comment
Soal!

1. Apa yang dimaksud dengan belajar dan pebelajaran
2. Tuliskan prinsip-prinsip dalam pengelolaan kela
3. Mengapa guru harus memiliki kererampilan dasar mengajar, jelaskan?
4. Sebutkan dan jelaskan teori-teori belajar?
5. Sebutkan komponen-komponen pembelajaran?

Jawab :

1. Pengertian belajar dan pembelajaran adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu peubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapat sejumlah kesan dari bahan yang telah di pelajari.

2. Prinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas yaitu :
- Hangat dan antusias
- Tantangan
- Berfariasi
- Keluasan
- Penekanan pada hal-hal yang positif
- Penanaman disiplin diri

3. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat generic atau keterampilan dasar tekbik intruksional yang kuasai guru selama mengajar sehingga sebelum guru mengajar seorang guru harus mempelajari terlebih dahulu apa saja hal-hal yang harus dipelajari dan kuasai.

Hal-hal yang harus dimengerti oleh setiap guru meliputi :
- Keterangan membuka dan menutup pelajaran
Tujuan, tujuan membuka pelajaran adalah untuk mempersiapakan siswa memasuki hal-hal yang akan dipelajari. Sedangkan menutup pelajaran adalah merangkum atau menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari saat itu
- Keterampilan menjalaskan berikut menyajikan informasi lisan yang diorganisasikan secara sistematis dengan tujuan menunjukan hubungan.
Tujuannya untuk membimbing siswa memahami konsep melatih kemandirian berfikir logis dan lain sebagainya
- Keterampilan mengadakan fariasi stimulasi adalah kegiatan guru dalam konteks proses intekasi belajar mengajar yang ditunjukan untuk mengatasi kebiasaan sehingga menghasilkan ketekunan partisipasi dan antusiasme
Tujuannya untuk memotivasi siswa serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan.
- Keterampilan bertanya dasar adalah kemapuan siswa dalam melakukan pertanyaan untu meminta penjelasan kepada guru.
Tujuannya membangkitkan minat dan rasa ingin tahu dari siswa menajdi anak aktif dalam kelas mengembangkan proses berfikir dan lain sebagainya
- Keterampilan member pengetahuan adalah pengetahuan disini maksudnya untuk membangkitkan dan memelihara motivasi siswa meningkatkan perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam bekerja.

Pengertian ini dapat diberikan dalam bentuk vabel dan non vabel. Vabel seperti kata pujian misalnya bagus sekali, tepat sekali, dan lain-lain. Sedangkan yang non vabel berupa gerak yang mendekati kegiatan yang menyenangkan gerakan bahasa dan lain sebagainya.

4. Secara umum pengertian belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang dilakukan secara sadar baik yang diperoleh melalui latihan ataupun pengalaman.
- Latar Belakang belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu dari memiliki sikap menjadi terampil melakukan sesuatu
- Teori-teori klasik
Teori behavioristik merupakan teori dengan pandangan tentang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat interaksi antara stimulus dan respon
- Teori-teori belajar proses
Teori skinner disebut juga dengan teori pengkondisian operasi, pelopor teori ini adalah B.F skinner. Inti dari teori ini adalah dimana konsekunsi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan terjadi (santro. 272.2010)
- Teori gagne, Robert Gagne lahir tahun 1916 di North andover, beliau mendapatkan gelar A.B pada yale tahun 1937 dan pada tahun 1940 mendapat gelar PH.D. Ada beberapa hal yang melandasi pandangan Gagne tentang belajar menurutnya belajar bukan merupakan proses tunggal melainkan proses luas yang dibentuk oleh pertumbuhan dan pekembangan tingkah laku dimana tingkah laku itu merupakan proses komulatif dari belajar
- Teoro-teori kognitif
Pemrosesan informasi
Teori pemrosesan inforrmasi adalah teori kognitif tentang belajar yang menjelaskan pemrosesan, penyimpanan dan pemanggilan kembali pengetahuan dari otak (Slavin, 2000.175). Teori ini menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh sejumlah informasi dan dapat diingat dalam waktu yang cukup lama.
5. Komponen komponen pembelajaran
- Tujuan pendidikan
- Peserta didik
- Pendidik
- Bahan atau materi pelajaran
- Pendekatan atau metode
- Media atau alat
- Sumber belajar
- Evaluasi

Komponen- komponen Pembelajaran
- Konsep dasar komponen-komponen pembelajaran
- Komponen peserta didik (hamalik 2004)
- Komponen pendidik (Slameto 2010)
- Komponen tujuan
- Komponen bahan atau materi

Related Posts

Post a Comment

PERCAYALAH KAMU BISA, KARENA DENGAN KEPERCAYAAN USAHA UNTUK BELAJAR SEMAKIN TERDORONG
Subscribe Our Newsletter